Laman

Minggu, 29 April 2012

BAHASA INDONESIA 2 (TULISAN 6) MENGATASI SERANGGA TOMCAT

Paederus littoralis atau yang bisa disebut serangga tomcat , adalah hewan beruas yang masih termasuk dalam keluaga kumbang.  Serangga ini belakangan menjadi Hot topic di beberapa media di Indonesia, fenomena serangg atomcat memmbuat image berbahaya dari serangga ini. Ditambah lagi fakta bahwa tomcat itu sangat resistan. Tak mati meski disemprot cairan pembunuh serangga berkali-kali.
Namun sesungguhnya Tomcat tidak lah terlalu berbahaya seperti berita yang telah beredar selama ini, apabila kita tau cara-cara menanggulangi nya dengan benar. Tomcat tidak lah menggigit, namun cairan dalam tubuh nya lah yang sesunggu nya berbahaya, karena itu cara pertama yang sangat penting dilakukan adalah Jika ada menemukan serangga ini, jangan dipencet, agar racun tidak mengenai kulit. Masukkan ke dalam plastik dengan hati-hati, terus buang ke tempat yang aman.
Cara lain yang juga dapat dilakukan atara lain hindari terkena kumbang ini pada kulit terbuka. Usahakan pintu tertutup dan bila ada jendela diberi kasa nyamuk untuk mencegah kumbang ini masuk. Tidur menggunakan kelambu jika memang di daerah anda sedang banyak masalah ini.  Bila serangga banyak sekali, maka dapat juga lampu diberi jaring pelindung untuk mencegah kumbang jatuh ke manusia.
Juga jangan menggosok kulit dan atau mata bila kumbang ini terkena kulit kita. Bila kumbang ini berada di kulit kita, singkirkan dengan hati-hati, dengan meniup ataumengunakan kertas untuk mengambil kumbang dengan hati-hati. Lakukan inspeksi ke dinding dan langit-langit dekat lampu sebelum tidur. Bila menemui, segera dimatikan dengan menyemprotkan racun serangga. Singkirkan dengan tanpa menyentuhnya. Segera beri air mengalir dan sabun pada kulit yang bersentuhan dengan serangga ini.  Bersihkan lingkungan rumah, terutama tanaman yang tidak terawat yang ada di sekitar rumah yang bisa menjadi tempat kumbang Paederus.
Rasa takut yang ada dalam diri ini hendaknya dirubah menjadi kewaspadaan , jangan sampai justru ketakutan itu membuat resah hati , apalagi sampai meresahkan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar