Laman

Rabu, 14 Maret 2012

BAHASA INDONESIA2 (TULISAN 5) VARIASI SOTO KHAS INDONESIA

gambar 1. soto betawi

Soto, mendengar kata ini tentu akan teringat tentang makanan khas Indonesia dengan kuah juga daging sapi ataupun daging ayam sebagai isinya. Keanekaragaman budaya Indonesia ternyata juga membawa keanekaragaman pada makanan nya, contoh nya pada soto ini. Di Makassar menyebutnya Coto. Orang Madura menyebutnya Jauto. Orang Banyumas menyebutnya Sroto. Sedangkan Orang Pekalongan menyebutnya Tauto. 
Keanekaragaman soto bukan hanya tergambar pada penyebutan nama yang berbeda disetiap daerah, tapi rasa yang bervariasi. Contohnya soto betawi, soto bandung, tauto(soto pekalongan), coto makasar. Namun pertanyaan nya kini, dimana letak perbedaan dari soto-soto tersebut?
Secara konsep sebenarnya soto-soto khas daerah di Indonesia, sama. Perbedaan yang sangat terlihat biasanya pada jenis kuah dan bahan isian nya. Soto betawi, soto khas Jakarta, biasanya terdiri dari Campuran daging, jerohan, kentang rebus, dan kuah santan bercampur susu yang terasa gurih. Ada juga Soto Pekanbaru yang di dalamnya berisi laksa, daging rebus, tauge, telur, tomat, dan disajikan dengan  kuah bersantan serta ditemani kerupuk emplang dan perkedel. Perkedel tersebut terbuat dari ikan patin fillet. Lain lagi dengan soto bandung, soto Bandung mengandung lobak dan kacang kedelai goreng di dalamnya. Coto Makassar, terbuat dari daging dan jeroan sapi. Tidak terlalu banyak isian di dalamnya. Potongan daging dan jeroan hanya ditambah kuah kaldu yang telah diberi bumbu, potongan seledri dan daun bawang, serta bawang goreng.  
Masih banyak lagi jenis-jenis soto lainnya, yang tak mungkin ditulis satu persatu. Mungkin bukan hanya soto tapi juga masih banyak kuliner-kuliner khas yang dapat menggambarkan betapa kaya kuliner Indonesia. Melihat hal ini sudah sepantas nya kita bangga akan kekayaan kuliner Indonesia tersebut. Oleh karena itu tidak ada salahnya, jika suatu hari ‘mampir’ ke daerah tertentu, dapat mencicipi makanan khas daerah tersebut.                  


gambar2. soto bandung

gambar 3. coto makassar





1 komentar: